Dengan bukti yang muncul menunjukkan bahwa black currant memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan antivirus. Manfaat Black currant berguna dalam memperlambat pertumbuhan kanker, meningkatkan kekebalan dan bahkan mencegah penyakit mata. Berry asam ini harus dicoba semua orang.

Anda tidak hanya dapat menikmati berry beraroma ini dalam keadaan utuh saja, tetapi juga dapat membuat sebagai tambahan yang lezat. Untuk makanan yang dipanggang hingga glasir dan banyak lagi. Untuk kemudahan, Anda juga dapat membuat kapsul cepat minyak black currant untuk mendapatkan manfaat instan dari banyak manfaat kesehatannya.

Baik Anda baru saja mendengar black currant untuk pertama kalinya atau mereka telah menjadi favorit lama di rumah Anda, buah terry ini memiliki manfaat kesehatan yang tinggi dan dapat menjadi tambahan yang bergizi untuk diet apa pun.

Manfaat Black currant Bagi Kesehatan

1. Kaya akan Anthocyanin

black currantPigmen ungu gelap black currant dikaitkan dengan kandungan antosianinnya yang tinggi. Anthocyanin adalah pigmen tumbuhan yang menghasilkan warna merah, ungu atau biru tergantung pada pH mereka.

Black currant mengandung berbagai anthocyanin yang berbeda, dengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka mengandung hingga 15 jenis yang unik.

Selain peran mereka sebagai pigmen tumbuhan, anthocyanin juga memiliki banyak properti yang mempromosikan kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa anthocyanin dapat memainkan peran dalam pencegahan kanker, kesehatan jantung, obesitas dan bahkan diabetes.

Bacajuga: 7 MANFAAT BILBERRY SPESIALIS OBAT MATA

Mereka juga bertindak sebagai antioksidan, yang merupakan senyawa yang menetralisir radikal bebas berbahaya untuk mencegah kerusakan sel serta penyakit kronis.

Selain black currant, makanan kaya antosianin lainnya termasuk buah beri, terong, kubis merah dan anggur. Memasukkan sejumlah besar makanan ini dalam makanan Anda dapat memiliki dampak yang langgeng pada kesehatan Anda.

2. Membantu Mengurangi Pertumbuhan Kanker

Simbol KankerSalah satu manfaat paling mengesankan dari tanaman black currant adalah efeknya yang kuat pada kanker. Berkat kandungan antosianinnya yang tinggi, beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak black currant dapat membantu memperlambat pertumbuhan kanker.

Dalam satu penelitian tabung-uji yang dilakukan oleh Universitas Northeastern Ohio, Kolese Kedokteran dan Farmasi, ekstrak black currant diperlihatkan untuk membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker hati. Studi lain di luar Jepang menemukan bahwa ekstrak black currant menghalangi penyebaran sel kanker payudara dan endometrium.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa ekstrak black currant juga efektif dalam membunuh sel kanker lambung dan esofagus.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Glaukoma adalah sekelompok penyakit mata yang dapat menyebabkan penglihatan kabur dan terdistorsi dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Ini biasanya akibat kerusakan pada saraf optik, saraf yang menghubungkan otak ke mata.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam black currant dapat membantu mencegah glaukoma dan meningkatkan kesehatan mata Anda.

Dalam satu studi yang dilakukan oleh Departemen Kedokteran Ophthalmology di Universitas Kedokteran Sapporo di Jepang dan diterbitkan dalam Journal of Ocular Farmacology and Therapeutics, melengkapi pasien glaukoma dengan ekstrak black currant terbukti menurunkan tingkat endotelin-1, sejenis hormon yang berpikir untuk berkontribusi pada pengembangan glaukoma.

Bacajuga: MANFAAT ACAI BERRY UNTUK KESEHATAN

Penelitian lain, dua tahun, acak, terkontrol plasebo, sekali lagi dilakukan di Sekolah Kedokteran Universitas Kedokteran Sapporo, menemukan bahwa anthocyanin black currant membantu mengurangi kehilangan penglihatan dan memperbaiki aliran darah ke mata pada pasien dengan glaukoma.

Ketika digunakan dalam kombinasi dengan perawatan tradisional, black currant mungkin efektif dalam meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kehilangan penglihatan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

melindungi tubuh dari penyakitBlack currant penuh dengan vitamin C. Bahkan, hanya satu cangkir black currant mentah dapat menyediakan tiga kali lipat jumlah yang Anda butuhkan sepanjang hari. Vitamin C terkenal karena sifatnya meningkatkan imunitas. Studi menunjukkan bahwa vitamin C dapat mempersingkat durasi infeksi saluran pernafasan dan melindungi terhadap infeksi malaria, pneumonia dan diare, antara lain.

Satu tinjauan dari Departemen Kesehatan Masyarakat di Universitas Helsinki di Finlandia terdiri dari 12 studi dan menemukan bahwa suplementasi vitamin C mengurangi kejadian flu biasa hingga 91 persen dan memangkas kejadian pneumonia sebesar 80 persen hingga 100 persen.

Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya dan bahkan dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan stroke.

Untuk hasil terbaik, kombinasikan black currant dengan makanan vitamin C tinggi lainnya, seperti buah dan sayuran, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat.

5. Melindungi Terhadap Patogen

Selain kemampuannya yang kuat sebagai antioksidan, black currant juga mengandung sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi terhadap bakteri dan virus berbahaya.

bakteriSebuah studi 2012 di Jepang yang diterbitkan dalam Mikrobiologi dan Imunologi menunjukkan bahwa ekstrak black currant dengan konsentrasi kurang dari 1 persen mampu memblokir pertumbuhan beberapa strain virus – termasuk yang bertanggung jawab atas adenovirus dan influenza – lebih dari 50 persen. Ekstrak konsentrasi 10 persen mampu memblokir 95 persen dari virus ini menempel ke permukaan sel.

Studi lain dari Departemen Mikrobiologi di Asahikawa Medical College di Jepang menunjukkan bahwa mengobati strain influenza dengan jumlah ekstrak black currant yang terkonsentrasi mampu sepenuhnya menekan pertumbuhan virus.

Penelitian lain telah menemukan bahwa minyak blackcurrant mungkin efektif melawan H. pylori, sejenis bakteri yang dapat menyebabkan sakit maag, sakit perut dan mual.

Black currant juga dapat membantu mengobati jenis penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti batuk rejan.

6. Mencegah Wabah Herpes

bibir herpes Herpes adalah infeksi virus umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Gejalanya dapat bervariasi, menyebabkan lecet demam pada atau di sekitar mulut pada beberapa orang dan luka kelamin yang gatal dan gatal pada orang lain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam black currant dapat membantu membunuh virus yang menyebabkan herpes mulut dan genital.

Bacajuga: BUAH APRIKOT DAN 5 MANFAAT UTAMANYA

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menunjukkan bahwa ekstrak black currant menghentikan virus herpes dari melekat pada sel dan mencegah penyebaran virus.

Digabungkan dengan perawatan tradisional dan solusi alami lainnya seperti L-lysine dan zinc, black currant dapat menjadi tambahan yang berguna untuk diet untuk membantu mencegah herpes wabah.

Kandungan Nutrisi Black currant

Dikenal dengan nama ilmiahnya Ribes nigrum, black currant (juga kadang-kadang disebut blackcurrant) milik keluarga gooseberry tumbuhan. Semak kecil ini berasal dari bagian-bagian tertentu dari Eropa bagian utara dan tengah serta Siberia dan tumbuh subur pada suhu dingin yang ditemukan di wilayah ini.

Semak black currant dapat menghasilkan hingga 10 pon setiap tahun buah beri ungu gelap yang memiliki rasa asam dan dapat dimakan mentah atau digunakan untuk membuat selai beraroma, jeli dan jus.

Black currant adalah makanan padat nutrisi, yang berarti mereka rendah kalori tetapi mengandung banyak nutrisi penting. Mereka sangat tinggi vitamin C dan dapat memenuhi dan melampaui kebutuhan harian Anda hanya dalam satu porsi.

Nutrient,Unit,Data points,Tbsp = 20.0g",1Value per 100 g,
Proximates
Energy",kcal,,50,250
Protein",g,,0.00,0.00
Total lipid (fat)",g,,0.00,0.00
Carbohydrate, by difference",g,,12.00,60.00
Sugars, total",g,,10.00,50.00
Minerals
Sodium, Na",mg,,8,40
Vitamins
Lipids
Amino Acids
Other
Ingredients
 Source: USDA Branded Food Products Database Release July 2018

Itu dia tadi manfaat black currant bagi kesehatan tubuh dan baik untuk meningkatkan imunitas. semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan bisa jadi salah satu buah andalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here