Apa itu bilberry? Kedengarannya sangat mirip dengan blueberry, dan memang seharusnya begitu. Karena ini relatif sama dengan blueberry yang kaya manfaat dan paling sering digunakan untuk membuat selai dan pai. Tetapi apakah bilberry juga telah digunakan selama berabad-abad dalam dunia kedokteran dan makanan? Apa saja manfaat bilberry?

Secara historis, buah bilberry digunakan untuk mengobati diare, penyakit kudis dan kondisi lainnya. Hari ini, buah bilberry digunakan sebagai obat tradisional untuk diare, masalah mata, varises, sirkulasi yang buruk dan bahkan pencegahan kanker.

Daun bilberry digunakan untuk kondisi lain, termasuk diabetes. Buah dari tanaman bilberry dapat dimakan seperti blueberry atau dibuat menjadi ekstrak. Demikian pula, daun tanaman bilberry dapat dibuat menjadi ekstrak atau digunakan untuk membuat teh bilberry.

Bacajuga: MANFAAT ACAI BERRY UNTUK KESEHATAN

Yang membuat berry ini sangat fenomenal adalah bahwa ia mengandung bahan kimia yang diproduksi secara alami yang dikenal sebagai anthocyanosides. Anthocyanosides adalah pigmen tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan kuat. Satu penelitian menunjukkan bahwa bilberry memiliki efek positif pada penglihatan di lingkungan cahaya rendah. Antioksidan ini menangkal tubuh dari radikal bebas, dengan maksud membantu mencegah atau membalikkan sel yang rusak.

Dalam penelitian lain, bilberry menunjukkan banyak manfaat kesehatan lainnya seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, kanker dan degenerasi makula. Bilberry juga mengandung vitamin C, yang merupakan manfaat meningkatkan kekebalan tubuh yang kuat.

Kandungan Nutrisi Buah Bilberry

headingNutrientUnit

Tbsp 19 g

Value per 100 g
ProximatesEnergy

kcal30158
MineralsSodium, Na

mg00
VitaminsVitamin C, total ascorbic acid

mg15.078.9
Source: USDA Branded Food Products Database

 

7 Manfaat bilberry Bagi Kesehatan Tubuh

1. Peningkatan Penglihatan

meningkatkan penglihatanKarena anthocyanosida, bilberry secara luas digunakan untuk memperbaiki penglihatan pada malam hari atau cacat penglihatan dalam cahaya rendah, menurunkan permeabilitas pembuluh darah dan kerapuhan kapiler. Dilaporkan bahwa selama Perang Dunia II, pilot pesawat tempur Inggris telah meningkatkan penglihatan malam hari setelah makan selai bilberry.

Bilberry telah disarankan sebagai pengobatan untuk retinopati, yang merupakan kerusakan pada retina. Bilberry juga telah menunjukkan efek protektif terhadap dan degenerasi makula, glaukoma dan katarak.

2. Membantu Menghilangkan Masalah Sirkulasi

Pijat Refleksi KakiDi Eropa, profesional perawatan kesehatan menggunakan ekstrak bilberry untuk mengobati masalah sirkulasi, juga dikenal sebagai insufisiensi vena kronis (CVI). Penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini, yang terjadi ketika katup di pembuluh darah di kaki yang membawa darah ke jantung rusak, dapat ditingkatkan dengan mengambil ekstrak bilberry. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi bilberry anthocyanin setiap hari selama enam bulan dapat mengurangi pembengkakan, rasa sakit, memar dan pembakaran yang terkait dengan CVI.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Serangan Stroke RinganAntosianosida menakjubkan yang ditemukan di bilberry dapat memperkuat pembuluh darah dan mencegah oksidasi LDL (kolesterol “jahat”). Faktor risiko utama untuk atherosclerosis yaitu plak yang menghalangi pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Bacajuga: 10 MANFAAT APEL BAGI KESEHATAN PENTING!

Sebuah penelitian melaporkan bahwa pengayaan bilberry, jika dibandingkan dengan kismis hitam, mengurangi kadar kolesterol total dan LDL. Faktanya, kandungan antosianin total adalah empat kali lebih tinggi pada bilberry daripada pada black currant. Mungkin membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengurangi kadar kolesterol LDL.

4. Dapat Memperbaiki Gula Darah pada Penderita Diabetes

Cek Gula Darah (diabetes)Secara tradisional, daun bilberry telah digunakan untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar berry membantu mengurangi respons glukosa tubuh setelah makan makanan berprotein tinggi. Penelitian menunjukkan bilberry mungkin efektif untuk mengelola kadar gula darah, terutama bila dikombinasikan dengan oatmeal, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

5. Mencegah Kanker

Sel KankerDalam kerja in vitro dan model tumorigenic hewan telah menunjukkan bahwa bilberry anthocyanin memiliki kualitas pencegahan kanker karena antioksidan. Buah beri juga memiliki efek anti-peradangan. Ekstrak kaya antosianin komersial dari bilberry terbukti menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus besar. Dalam studi DNA, profil anti-inflamasi terlihat di makrofag yang diobati dengan ekstrak bilberry dan karena peradangan merupakan faktor risiko penting untuk kanker, bilberry mungkin sangat berguna dalam pencegahannya.

6. Efektif untuk Mengobati Diare

Bilberry telah digunakan dalam pengobatan Eropa untuk mengobati diare selama bertahun-tahun. Buah ini mengandung tanin, zat yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan astringen yang membantu dengan menyempitkan dan mengencangkan jaringan. Dengan mengurangi peradangan usus, bilberry diyakini membantu mengurangi gejala diare.

7. Turunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Bukti menunjukkan bahwa jus buah dan sayuran mengandung berbagai senyawa fenolik dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Dalam beberapa kasus, gejala Alzheimer menurun secara signifikan setelah perawatan dengan ekstrak myricetin, quercetin atau antosianin yang ditemukan dalam bilberry dan menunjukkan bahwa kelainan perilaku mungkin telah berkurang.

Fakta Tentang Bilberry

Jenis-Jenis Buah BerryBilberry juga dikenal sebagai blueberry Eropa, whortleberry, huckleberry dan blaeberry dan merupakan kerabat blueberry, cranberry, dan huckleberry. Kelihatannya dan rasanya seperti blueberry Amerika, tetapi biasanya sedikit lebih kecil. Bilberry kadang-kadang disebut blueberry karena kesamaan mereka dan biasanya tumbuh di heaths, padang rumput dan hutan jenis konifera basah, tumbuh subur di bawah naungan moderat dan kondisi tanah yang cukup lembab.

Bilberry adalah buah kecil yang berdiameter sekitar 5-9 milimeter, berwarna hitam kebiruan yang mengandung banyak biji. Bilberry adalah semak abadi yang tumbuh hingga sekitar 16 inci tingginya dan memiliki cabang-cabang berwarna hijau yang tajam, dan buah berry hitam yang sudah matang untuk dipetik pada akhir musim panas.

Bacajuga: TOP 6 MANFAAT PISANG MAKANAN WAJIB PARA ATLET

Asupan makanan sehari-hari dari bilberry penghasil antosianin adalah sekitar 200 miligram dan memiliki kandungan antosianin yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis buah lain, seperti stroberi, cranberry, elderberry, cherry asam dan raspberry membuatnya menjadi makanan super sejati! Dosis harian yang direkomendasikan sangat bervariasi tergantung pada bentuk bilberry yang Anda pilih.

Penutup

Itu dia tadi Manfaat Bilberry bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda seputar buah berry. Karena ternyata ada banyak sekali jenis berry dan masing-masing punya manfaat tersendiri. Nah untuk manfaat bilberry ini pada penglihatan di malam hari sangat bagus.

Konsumsilah Bilberry secukupnya agar tidak berdampatk buruk bagi kesehatan dan agar kamu mendapat manfaat bilberry nya. jika kamu suka artikel ini silahkan like dan share, jika ada pertanyaan silahkan komen. akhir kata dari saya, Ayo Hidup Sehat!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here