Manfaat Acai Berry untuk kesehatan tubuh dengan kandungan antioksidan tinggi dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Mungkin kita jarang mendengar buah yang satu ini di Indonesia. Karena buah ini memang bukan buah berry asli Indonesia dan masih kalah dengan berry lainnya seperti strawberry, blackberry, dan anggur.

Untuk mendaptakan buah acai berry bisa kamu cari pada toko buah impor, sebab buah ini tidak bakal ditemukan dipasar tradisional. Selain dalam bentuk utuh, acai berry juga bisa kamu temui dalam berbagai olahan seperti pil, kemasan botol, yang di akui memiliki banyak sekali manfaat acai berry dan khasiatnya.

6 Manfaat Acai Berry Bagi Kesehatan

1. Sangat Tinggi Antioksidan

radikal bebas perusak tubuhSebagian besar manfaat acai berry adalah kandungan antioksidan yang sangat tinggi, itulah sebabnya mengapa dikatakan memiliki “skor ORAC” yang tinggi. ORAC adalah singkatan dari Oxygen Radical Absorbance Capacity. Ini adalah skala yang mengukur sifat antioksidan makanan. Nilai ORAC digunakan untuk mengklasifikasikan makanan berdasarkan berapa banyak antioksidan yang dikandungnya berdasarkan berat dan acai berry sangat dekat urutan teratas.

Ungu acai berry benar-benar warna yang berbeda. Karena konsentrasi nutrisi tinggi berpigmen yang dikandungnya, terutama anthocyanin, yang ditemukan dalam banyak spesies berry berwarna ungu kemerahan.

Bacajuga: 10 MANFAAT APEL BAGI KESEHATAN PENTING!

Konsentrasi antioksidan dalam acai diyakini 10 kali lebih tinggi pada anggur merah. Acai diperkirakan memiliki 10 hingga 30 kali jumlah anthocyanin daripada anggur merah!. Antioksidan termasuk anthocyanin sangat berkontribusi terhadap manfaat anti-inflamasi dan anti-penuaan dari buah acai.

Itu karena antioksidan adalah “penangkal radikal bebas”, yang berarti mereka membantu memperlambat proses kerusakan akibat radikal bebas. Yang menyebabkan tubuh memburuk dan mengembangkan penyakit seiring waktu.

Radikal bebas bertanggung jawab atas “keausan” yang kita hubungkan dengan penuaan. Dan mereka memasuki tubuh melalui hal-hal seperti diet yang buruk, kontaminan kimia, pencemaran lingkungan dan tingginya paparan sinar UV. Tidak hanya kerusakan radikal bebas membuat kita terlihat lebih tua lebih cepat merusak kulit kita. Tetapi juga berkontribusi terhadap nyeri sendi, tulang dan otot.

Dengan membantu tubuh tetap lebih tahan terhadap efek radikal bebas, acai bermanfaat untuk hampir setiap sistem tubuh. Kardiovaskular, endokrin, pencernaan, neurologis, kekebalan tubuh, dll.

Hal-hal baik bisa datang dalam bentuk yang kecil seperti halnya acai. Studi menunjukkan acai berry memiliki antioksidan yang tinggi yang dapat memasuki sel manusia. Berfungsi optimal untuk pendinginan oksigen bahkan pada dosis yang rendah.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kulit Sehat Manfaat Acai BerryManfaat Acai berry berguna untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini dan membantu regenerasi kulit. Selama ribuan tahun orang telah menggunakan makanan yang kaya antioksidan dan perawatan herbal, termasuk acai. Baik secara topikal maupun internal untuk mencegah degradasi kulit dan menjaga kulit tetap lentur dan terlihat sehat.

Pada orang yang memiliki tingkat stres oksidatif yang tinggi, kulit mereka menjadi salah satu hal pertama yang menunjukkan hal ini. Bintik-bintik gelap, kerutan, garis-garis halus, kekaguman dan perubahan warna semuanya terkait dengan kerusakan akibat radikal bebas di dalam kulit.

Banyak orang juga menggunakan acai berry untuk menyingkirkan bekas luka, stretch mark, kaki gagak dan kulit kering.  Mengkonsumsi antioksidan membantu tubuh memperbaiki sel-sel kulit yang rusak lebih cepat dan penampilan yang lebih muda mudah untuk dipertahankan.

3. Membantu Fungsi Kognitif

Acai Berry Membantu Fungsi KognitifBanyak mengkonsumsi makanan dengan antioksidan adalah cara alami untuk meningkatkan fokus dan memori Anda. Peradangan dan stres oksidatif adalah dua penyebab utama masalah kognitif. Termasuk kehilangan memori, demensia dan gangguan mental terkait usia lainnya.

Melalui proses menekan aktivitas biologis yang mendegradasi integritas seluler, fraksi pulp. Acai tampaknya memiliki efek protektif terhadap sel otak, yang dapat berimplikasi pada peningkatan fungsi kognitif dan motorik.

Penelitian telah menemukan bahwa fraksi yang diekstraksi dari acai mengandung nutrisi yang menyelamatkan otak, termasuk anthocyanin seperti cyanidin, delphinidin, malvidin, pelargonidin dan peonidin, bersama dengan fenolat seperti katekin, asam ferulat, quercetin, resveratrol, dan asam sinergik dan vanilat.

Karena ia dapat mematikan jalur peradangan yang merusak sinyal saraf di otak. Acai berry diyakini membantu menstimulasi fungsi mental dan membantu seseorang berpikir lebih jernih. Mempertahankan tingkat energi yang tinggi dan menghadapi berbagai efek stres psikologis yang lebih baik.

Acai adalah pelindung terhadap efek stres, termasuk mengganggu keseimbangan hormonal dan meningkatkan kadar kortisol. Beberapa menganggap acai berry menjadi “adaptogen.”

4. Membantu Mengontrol Nafsu Makan & Meningkatkan Berat Badan

Beberapa ahli percaya bahwa manfaat acai berry mampu menekan nafsu makan tertentu. Berkat bagaimana ia mempengaruhi berbagai hormon yang mengontrol kadar gula darah dan perasaan lapar, kenyang dan kenyang.

Membantu meningkatkan fungsi metabolisme yang membantu tubuh bekerja lebih baik menyerap nutrisi, mengurai makanan, menghilangkan limbah dan mengatur pelepasan insulin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan membantu meningkatkan pencernaan yang tepat dan mengendalikan jumlah insulin dalam darah. Acai bermanfaat dalam rencana penurunan berat badan yang sehat.

Ada kemungkinan bahwa acai memfasilitasi dengan pemecahan lemak dan karbohidrat dan juga membantu menurunkan keinginan untuk makan berlebihan. Yang merupakan cara langsung untuk membantu tetap pada berat badan yang sehat.

5. Pencernaan Sehat

Acai berry memiliki dosis serat yang baik. Tetapi tampaknya memperlancar pencernaan dengan cara lain di luar bagaimana sebagian besar makanan berserat tinggi. Acai berry dianggap sebagai pembersih pencernaan alami. Membantu hati dan ginjal untuk memproses dan membuang limbah dan racun dari tubuh.

Di atas kemampuannya untuk bekerja sebagai pembersih ginjal dan hati. Acai berry juga pembersih usus alami, yang berarti mencegah akumulasi zat berbahaya dan materi yang tidak tercerna dari tinggal bersarang di kolon di mana mereka dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Dengan meningkatkan metabolisme secara umum, acai berry mampu mempercepat waktu transit usus. Mencegah makanan dari fermentasi di usus dan menyebabkan kembung, gas dan sembelit.

6. Perlindungan Aginst Heart Disease & Diabetes

Katakan Bye pada DiabetesMeskipun terkenal karena antioksidan, acai juga dianggap sebagai makanan anti-inflamasi karena mengandung beberapa asam lemak tak jenuh tunggal. Selain serat makanan dan pitosterol yang semuanya membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Studi menunjukkan bahwa minum jus acai secara teratur memiliki efek positif pada tingkat lipid darah dan dapat melindungi jantung. Konsumsi acai berry juga membantu menurunkan peradangan, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner dan masalah terkait hormon, termasuk diabetes tipe 2.

Bacajuga: BUAH APRIKOT DAN 5 MANFAAT UTAMANYA

Acai secara mengejutkan kaya akan asam lemak tak jenuh seperti asam oleat, yang ditemukan dalam minyak zaitun extra virgin yang sehat untuk jantung dan membantu tubuh menggunakan minyak ikan omega-3 untuk menurunkan peradangan dan membuat membran sel.

Sebuah penelitian kecil tahun 2011 yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Mediscus di California menyelidiki efek acai pada sindrom metabolik, istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang didefinisikan oleh berbagai faktor risiko penyakit kardiovaskular dan / atau diabetes tipe 2.

Studi ini mengamati perubahan spesies oksigen reaktif dan jalur metabolik dalam kelompok kecil orang dewasa yang kelebihan berat badan setelah mengonsumsi 100 gram acai dua kali sehari selama satu bulan.

Setelah mengukur glukosa plasma puasa, insulin, kolesterol, trigliserida, toksin nitrat oksida (napas) yang dihembuskan (eNO) dan kadar plasma sebelum dan sesudah penelitian, subjek rata-rata mengalami peningkatan dalam kadar glukosa dan insulin puasa, penurunan total choleseertol dan batas penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol LDL.

Para peneliti menyimpulkan bahwa acai dapat membantu orang yang kelebihan berat badan menurunkan kemungkinan mereka mengalami penyakit jantung dan diabetes, meskipun penelitian lebih lanjut pada skala yang lebih besar masih diperlukan.

Kandungan Nutrisi Buah Acai Berry

NutrientUnit,Data points,Std1 PACKET = 571Value per 100 g
Proximates
Energy",kcal,--,--,40,70
Protein",g,--,--,100,175
Total lipid (fat)",g,--,--,300,526
Carbohydrate, by difference",g,--,--,300,526
Fiber, total dietary,g,--,--,30,53
Sugars, total,g,--,--,000,000
Minerals
Calcium, Ca mg,--,--,20,35
IronFe,mg,--,--,036,063
PotassiumK",mg,--,--,60,105
Sodium, Na",mg,--,--,15,26
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acid",mg,--,--,00,00
Vitamin A, IU",IU,--,--,0,0
Lipids
Fatty acids, total saturated",g,--,--,0502,0880
Fatty acids, total monounsaturated",g,--,--,0000,0000
Fatty acids, total polyunsaturated",g,--,--,2502,4390
Fatty acids, total trans",g,--,--,0000,0000
Cholesterol",mg,--,--,0,0
Source: USDA Branded Food Products Database

Penutup

Itu dia tadi 6 manfaat buah acai berry bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu mengenai manfaat buah-buahan. Konsumsilah buah-buahan secara cukup dan tidak berlebihan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Jika kamu suka dengan artikel ini silahkan like, komen dan share agar blog ini tetap mengudara di internet. Akhir kata salam hidup sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here