Pepatah lama “satu apel sehari dapat menghindarkan dari penyakit” ternyata benar-benar klise. 10 Manfaat apel untuk memperlancar pencernaan Anda berkat makanan serat tinggi terbaik. Penyebab penyakit peradangan bisa lebih rendah, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengelola berat badan lebih baik. Selain itu, apel menghasilkan camilan pasca-atau pra-latihan yang bagus berkat gula alami yang dilepaskan cepat dapat meningkatkan energi Anda.

beri biasanya mendapatkan sebagian besar kredit untuk memasok antioksidan, apel adalah runner-up yang dekat dengan berry. Dengan beragam fitonutrien dalam pulp dan kulit apel. Beberapa studi telah menghubungkan konsumsi apel dapat menurunkan risiko bentuk-bentuk kanker tertentu. Dan juga  mengatasi obesitas, penyakit kardiovaskular, asma, penyakit Alzheimer dan bahkan diabetes. Baca juga: 6 Manfaat Acai Berry Untuk Kesehatan

Menurut Departemen Ilmu Makanan di Cornell University, “Di laboratorium, telah ditemukan apel memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan menghambat proliferasi sel kanker, menurunkan oksidasi lipid, dan menurunkan kolesterol.” Lantas apa saja 10 Manfaat Apel bagi Kesehatan lainnya? Silahkan simak berikut ini.

10 Manfaat Apel bagi Kesehatan bagi Tubuh

1. Sumber Antioksidan Pembunuh Kanker

Apel adalah makanan tinggi antioksidan dan sumber flavonoid yang sangat signifikan dalam makanan orang-orang di AS dan di Eropa. Di Amerika Serikat, 22 persen antioksidan fenolik yang dikonsumsi dari buah berasal dari apel, menjadikannya sebagai sumber tunggal terbesar dari senyawa-senyawa ini.

Apel menempati peringkat kedua di antara semua jenis buah untuk total senyawa fenolik, kelas zat bioaktif yang mencakup flavonoid, kedua untuk cranberry. Dan dibandingkan dengan semua jenis buah lainnya, apel memiliki bagian tertinggi dari senyawa fenolik bebas. Yang berarti molekul-molekul ini tidak terikat dengan senyawa lain dalam buah yang dapat memperlambat aktivitas menguntungkan mereka di dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan bermanfaat yang ditemukan dalam apel termasuk quercetin, catechin, phloridzin dan asam klorogenik. Karena senyawa-senyawa khusus ini, apel melakukan lebih dari sekadar memerangi radikal bebas. Mereka juga memiliki efek pensinyalan sel yang anti-proliferatif dan menguntungkan.

Dalam studi, makanan anti-inflamasi seperti apel terkait dengan pencegahan kanker prostat karena pasokan quercetin mereka. Bukti lain menunjukkan bahwa phytochemical pelindung tertentu di kulit apel dapat membantu menghambat reproduksi sel kanker dalam usus besar. Karena kedua penyakit kardiovaskular dan kanker dianggap sangat terkait dengan kondisi yang disebut stres oksidatif. Hal ini terjadi seiring waktu sebagai kerusakan sel dan bentuk DNA kemampuan untuk melawan kerusakan radikal bebas dan oksidasi adalah apa yang memberi apel kekuatan penyembuhan mereka , ini adalah bagian dari diet penyembuhan saya).

Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah Anda ingin memakan seluruh apel untuk mendapatkan manfaat paling banyak, termasuk kulit. Ketika para peneliti mempelajari kapasitas antioksidan buah pir dan apel, mereka menemukan bahwa makanan yang mengandung kulit buah memiliki tingkat asam lemak sehat yang lebih tinggi secara signifikan (kadar lipid plasma yang lebih tinggi) dan aktivitas antioksidan. daripada diet yang membuang kulitnya dan hanya memakan buahnya.

2. Membantu Mencegah Inflamasi

Fitokimia yang ditemukan dalam buah-buahan berwarna, termasuk fenolik, flavonoid, dan karotenoid, diketahui dapat mengurangi risiko banyak penyakit kronis. Ini karena phytochemical menjaga arteri tetap bersih, menurunkan respons inflamasi dan mencegah tingkat stres oksidatif yang tinggi.

Penelitian terbaru dari California State University menunjukkan bahwa makanan tinggi antioksidan termasuk apel. Dapat peningkatan hasil yang berkaitan dengan penurunan kognitif penuaan normal, diabetes, manajemen berat badan, kesehatan tulang, fungsi paru-paru, dan perlindungan gastrointestinal.”

3. Melawan Penyakit Jantung

Ada bukti kuat bahwa diet yang mencakup banyak makanan berserat tinggi, terutama buah dan sayuran segar, dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk pembunuh nomor satu di AS: penyakit jantung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan nabati yang berisi antioksidan mengalami peradangan yang lebih rendah dan, oleh karena itu, memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Penyakit Jantung

Jenis serat khusus yang ditemukan dalam manfaat apel, yang disebut pektin, terutama diketahui bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami. Satu studi tahun 2003 menemukan bahwa ketika tikus diberi makan diet tinggi dalam ekstrak pektin apel dan apel beku-kering. Mereka mengalami tingkat penyerapan kolesterol dan trigliserida yang secara signifikan lebih rendah daripada kelompok kontrol. Kelompok tikus yang menerima baik apel pektin dan apel kering (bukan hanya satu dari ini) mengalami manfaat paling dalam hal fermentasi usus dan metabolisme lipid. Ini menunjukkan bahwa interaksi antara serat dan polifenol dalam apel bersama-sama memainkan peran penting dalam penanda kesehatan jantung.

Satu studi yang dilakukan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health mengikuti orang dewasa selama 15 tahun. Menemukan bahwa, secara keseluruhan, asupan buah dan sayuran yang lebih besar dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari semua penyebab kematian dan penyakit kardiovaskular. Ada juga bukti bahwa buah-buahan yang kaya antioksidan dapat memainkan peran dalam mencegah stroke, penyakit paru obstruktif kronik, divertikulosis dan hipertensi. Itu dia yang ke 3 dari 10 manfaat apel, berikutnya adalah.

4. Tinggi Serat

Dengan lebih dari empat gram serat dalam setiap apel, apel adalah makanan serat tinggi dan cara terbaik untuk memastikan Anda menutup basis 25-30 gram setiap hari. Apel secara khusus dikenal untuk menyediakan pektin, sejenis serat larut yang bekerja dengan mengikat zat-zat lemak dalam saluran pencernaan – termasuk kolesterol dan racun – dan mempromosikan eliminasi mereka.

Serat yang ditemukan dalam apel membantu membuat Anda merasa kenyang karena serat tersebut mengembang di usus dan mengambil volume, tetapi juga penting untuk detoksifikasi. Nutrisi Apple bermanfaat bagi kerja sistem pencernaan karena pektin mengatur penggunaan gula dan kolesterol tubuh sementara juga membantu membersihkan darah dan saluran pencernaan.

5. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengikuti diet serat tinggi telah terbukti dapat melawan masalah pencernaan seperti IBS dan bahkan kanker pada sistem pencernaan. Asupan buah yang lebih tinggi berkorelasi dengan kesehatan pencernaan umum yang lebih baik, terutama usus besar, perut dan kandung kemih. Fitonutrien yang ditemukan dalam apel dapat membantu melindungi organ pencernaan dari stres oksidatif, alkali tubuh dan menyeimbangkan tingkat pH.

Ketika datang sembelit, mengkonsumsi banyak makanan berserat tinggi adalah cara yang bagus untuk mencegah atau mengobati masalah ini. Pektin dalam apel juga dianggap sebagai diuretik alami dan memiliki efek pencahar ringan, sehingga ini dapat membantu memerangi retensi air kembung dan tidak nyaman. Cobalah makan apel mentah (ingat juga untuk memakan kulitnya) atau tambahkan ke resep dengan memadukannya terlebih dahulu. Anda juga dapat memperoleh manfaat dengan membuat jus apel, meskipun Anda ingin menghindari jenis jus gula tinggi yang ditemukan di sebagian besar toko kelontong.

6. Sumber Vitamin C yang baik

Satu apel memasok sekitar 14 persen vitamin C harian Anda, yang dianggap sebagai antioksidan kuat yang penting untuk kesehatan kulit, mata, kekebalan tubuh dan otak. Seperti antioksidan lain yang kita peroleh melalui sayuran dan buah segar, vitamin C melawan radikal bebas dan membantu melindungi DNA dan sel dari mutasi dan malformasi.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C sangat penting untuk menjaga metabolisme yang sehat dan memperbaiki jaringan, terutama di mata dan kulit. Makanan yang kaya vitamin C seperti apel memiliki efek anti-penuaan alami karena mereka mempromosikan pembaharuan sel kulit. Selain itu membantu menyembuhkan luka, menjaga terhadap infeksi dan bakteri berbahaya, dan juga memblokir kerusakan dari paparan sinar UV.

7. Dapat Membantu Anda Mengelola Berat Badan Anda

Diet Dengan Apel SehatBanyak penelitian telah menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi dikaitkan dengan perlindungan terhadap obesitas. Meskipun apel memberikan tingkat nutrisi dan antioksidan penting, mereka juga rendah kalori karena persentase yang tinggi dari volume air dan serat.

Karena mereka memiliki dosis serat makanan yang baik, yang mengandung nol kalori yang dapat dicerna dan berguna untuk mempertahankan kadar gula darah yang sehat. Apel dapat memuaskan gigi manis Anda tanpa membebani atau menambah nafsu makan. Memang, ketika ditambahkan ke cara cerdas lainnya untuk mengurangi berat badan, Anda dapat menurunkan berat badan dengan cepat dengan bantuan apel. Itu dia yang ke 7 dari 10 manfaat apel, berikutnya adalah.

8. Dapat Membantu Memerangi Diabetes

Para peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menemukan bahwa makan lima atau lebih porsi gabungan buah dan sayuran setiap hari secara signifikan mengurangi risiko pembentukan diabetes pada orang dewasa. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bahwa buah-buahan dan sayuran, yang secara alami mengandung gula, akan berbanding terbalik dengan kejadian diabetes, tetapi ini telah ditunjukkan berulang kali dalam penelitian.

Flavonoid tertentu yang ada dalam apel dan buah lain diketahui meningkatkan sensitivitas insulin, yang merupakan kunci untuk mencegah diabetes dan pertambahan berat badan jangka panjang. Antioksidan dan serat lain yang ditemukan dalam apel juga memainkan peran dalam efek anti-diabetes mereka, karena kita tahu bahwa diet tinggi serat dan fitonutrien bertindak seperti pengobatan diabetes alami.

Karena apel mengandung serat yang tinggi, mereka dianggap sebagai buah yang rendah pada indeks glikemik. Dibandingkan dengan karbohidrat olahan atau produk yang dimaniskan, apel melepaskan gula ke dalam aliran darah pada tingkat yang lebih lambat. Ini berarti mereka menjaga kadar gula darah lebih stabil dan mencegah fluktuasi glukosa darah yang berpotensi menyebabkan resistensi insulin. Itu dia yang ke 7 dari 10 manfaat apel, berikutnya adalah.

9. Dapat Membantu Melawan Gejala Asma

Menariknya, apel telah terbukti bertindak seperti obat asma alami dan berhubungan dengan kesehatan paru umum. Sebuah penelitian tahun 2003 diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition yang melibatkan 1600 orang dewasa di Australia. Asupan apel dan pir dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan penurunan hipersensitivitas bronkus.

Studi ini mensurvei hampir 600 orang dengan asma dan 900 orang tanpa asma tentang diet dan gaya hidup mereka. Total asupan buah dan sayuran ditemukan hanya terkait dengan asma, tetapi asupan apel menunjukkan hubungan terbalik yang lebih kuat dengan asma. Efek menguntungkan paling jelas pada subjek yang mengkonsumsi setidaknya dua apel per minggu.

Yang menarik adalah manfaat apel yang unik. Bawang merah, teh dan konsumsi anggur merah tidak terkait dengan asma meskipun mereka juga mengandung fitokimia serupa. Ini menunjukkan bahwa ada interaksi khusus dari flavonoid apel yang membantu mengendalikan gejala asma lebih baik.

10. Sumber Boron Tinggi

10 Manfaat apel terakhir. Sedikit fakta yang diketahui tentang nutrisi apel? Mereka adalah salah satu sumber boron alami terbaik. Mineral yang penting untuk membangun tulang yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Boron menggunakan dan manfaat termasuk membantu mengembangkan hormon seks, membangun massa otot dan mendukung fungsi otak. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa asupan boron yang rendah mungkin terkait dengan kelelahan, arthritis, dan perubahan suasana hati.

Itu dia tadi 10 manfaat apel bagi kesehatan tubuh. Semoga dengan mengetahui manfaat dan khasiat apel bisa lebih rajin mengkonsumsi apel setidaknya satu buah dalam sehari. Konsumsilah apel secukupnya dan jangan terlalu berlebihan agar kamu mendapatkan 10 manfaat apel diatas.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu seputar manfaat buah-buahan, jika kamu suka silahkan share, jika bingung silahkan komen. Akhir kata dari saya, Ayo hidup sehat!

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here